Manfaat Olahraga Bagi Tubuh

Oleh : Agriansyah (6017074) / Mahasiswa Program Studi Penjaskesrek / Ketua DPM/MPM STKIP-PGRI Lubuklinggau. 

Dosen Pengampu Mata Kuliah, Publis Relation : Hengky Remora, M.Pd

Tahukah anda manfaat dari berolahraga bagi tubuh kita? Olahraga merupakan aktivitas atau kegiatan berguna bagi tubuh, dengan berolahraga tubuh kita akan merasa sehat dan bugar setiap hari. Banyak gerakan olahraga yang sederhana yang dapat kita lakukan setiap hari seperti berjalan kaki, berlari, push up dan sit up, senam, bersepeda dan masih banyak lagi jenis olahraga yang dapat kita lakukan tanpa mengeluarkan uang. Sedikinya kita harus melakukan olahraga 10 menit setiap hari agar peredaran darah menjadi lancar dan badan menjadi sehat.

Banyak sekali manfaat olahraga ketika kita rutin melakukannya, berikut manfaat Olahraga yang saya ketahui :

    • Olahraga dapat meningkatkan kemampuan otak, latihan fisik yang rutin dapat meningkatkan konsentrasi, kreativitas,dan kesehatan mental.
    • Olahraga dapat membantu menunda proses penuaan. Riset membuktikan bahwa latihan sederhana seperti jalan kaki teratur dapat membantu mengurangi penurunan mental pada penuaan.
    • Mengurangi stres. Olahraga dapat mengurangi kegelisahan dan bisa membantu anda mengendalikan amarah. Latihan aerobik dapat meningkatkan kemampuan jantung dan membuat anda lebih cepat mengatasi stres. Aktivitas seperti jalan kaki, berenang, bersepeda, dan lari merupakan cara terbaik mengurangi stres.
    • Olahraga mampu menjaga kesehatan dan mencegah berbagai macam penyakit. Berolahraga rutin dapat menjaga anda dari penyakit.



  • Dengan olahraga juga dapat membuat tidur kita nyenyak. Olahraga selain membakar lemak anda juga membuat anda lelap tidur. Alasannya setelah kegiatan fisik, kelelahan setelah itu akan membuat anda akan lebih lelap tidur. Jika anda tidur dengan nyenyak maka konsetrasi akan terjaga dan tubuh akan menjadi bugar.

Baca Juga  Kopi | Cerita Pendek




Mungkin teman-teman yang sering berolahraga dapat merasakan manfaat-manfaat olahraga tersebut. Tetapi kebanyakan orang tidak pernah melakukan kegiatan olahraga karena mungkin banyak alasan atau karena rasa malas yang sering mengiringnnya sehingga mereka tidak sempat untuk berolahraga padahal kurang berolahraga dapat membuat tubuh kita menjadi tidak sehat, bahaya tidak sering melakukan olahraga tubuh akan gampang terserang penyakit.

Bisa kita bedakan mana orang yang jarang berolahraga dan mana orang yang sering berolahraga, biasanya orang yang sering berolahraga akan kelihatan segar dan sehat tetapi orang yangjarang berolahraga mereka akan kelihatan tidak segar dan kurang berolahraga juga bisa membuat wajah kita terlihat lebih tua dan mudah terserang penyakit. Maka dari itu untuk menjaga kesehatan tubuh kita harus sering berolahraga walaupun hanya sebentar kerena berolahraga dapat membuat kita sehat.

Tulisan Opini/Artikel ini sepenuhnya adalah tanggungjawab penulis, tidak menjadi bagian tanggung jawab redaksi lpmcemerlang.com

Berita Terkait ⚡️

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Dilarang Copas !!