Bermain Sepak Bola Dikala Pandemi

(Ditulis oleh : Ikhsan Alfandi, Mahasiswa Prodi PJKR STKIP-PGRI Lubuklinggau.)

Didalam daerah berzona kuning Covid-19 seperti Musi Rawas, serta dimasa PSBB Transisi menuju new normal, protokol kesehatan diberlakukan pada semua aspek kegiatan termasuk pula permainan sepak bola. Lantas bagaimana aturan protokol kesehatan pada permainan sepak bola?

Sepakbola merupakan olahraga sekaligus permainan yang mengasyikkan serta mudah mengundang keramaian. Permainan ini dimainkan oleh dua tim yang berisi sebelas orang pada tiap timnya. Salah satu aturan permainan sepak bola dikala pandemi adalah larangan meludah dilapangan saat laga berlangsung. Hal ini guna mengantisipasi penyebaran virus melalui droplet yang dikeluarkan bersama air ludah.

Setiap pemain diwajibkan untuk mengikuti aturan, demi menjaga kesehatan para pemain itu sendiri dan menjaga kesehatan orang lain dan orang-orang disekitarnya. Lalu Sesaat sebelum dan sesudah pertandingan setiap pemain perlu membersihkan diri menggunakan disinfektan dan mencuci tangannya dengan sabun dan air yang mengalir.

Setiap pemain diwajibkan dalam kondisi prima, tanpa sakit. Dengan kondisi fisik prima, pemain dapat mengantisipasi penurunan sistem imun oleh sebab kelelahan dalam bermain.

Dengan menaati peraturan yang ada, permainan ini dapat memberikan dampak positif pada tubuh. Seperti meningkatkan daya tahan tubuh dan melatih mental para pemainnya.

Saat bermain sepak bola, para pemainnya dituntut untuk terus bergerak dan mengolah energi dalam tubuh sehingga metabolisme tubuh berjalan dengan lancar dan daya tahan tubuh turut meningkat. Selain itu, mental para pemain saat bermain juga mengalami perkembangan, terlebih ketika merasakan hype saat bermain. Perkembangan mental ini tentu saja mempengaruhi pola dan gaya hidup menjadi lebih baik, sebab memiliki tubuh dan diimbangi dengan mental yang kuat.

Baca Juga  Manfaat Olahraga Bagi Tubuh

Sehingga tubuh yang bugar memiliki kesempatan tinggi untuk menolak virus masuk dalam tubuh, dan untuk memiliki tubuh yang bugar dapat dilakukan dengan murah dan mudah, salah satunya yaitu dengan berolahraga seperti permainan sepak bola. (Baca juga : Manfaat Olahraga Bagi Tubuh )

Marilah terus jaga kesehatan diri sendiri dan orang-orang disekitar yang kita sayangi.

(Tulisan Opini/Artikel ini sepenuhnya tanggung jawab penulis, tidak menjadi bagian tanggung jawab tim redaksi lpmcemerlang.com )

Berita Terkait ⚡️

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Dilarang Copas !!